SINOPSIS LARASATI EPISODE 1

Kisah ini menceritakan tentang perjalanan cinta yang penuh dengan rintangan dan bahkan konspirasi untuk menjauhkan dua hati dalam ikatan suci. Adalah kisah tentang Larasati, gadis lembut berwajah cantik yang sejak bayi sudah terpisah dari kedua orangtuanya karena dalam satu kecelakaan maut.

Ibunya tewas dan ayahnya Gunawan, tidak pernah berhasil menemukannya. Sejak itu Larasati diasuh oleh kakek dan neneknya, Pak Karso dan Bu Neni dalam kehidupan yang penuh lilitan kemiskinan.

Setelah berumur 18 tahun, Larasati bekerja di perkebunan teh. Disanalah ia bertemu dengan Dimas seorang lelaki playboy yang tidak jelas jalan hidupnya. Ketika itu Dimas datang dari luar negeri hanya untuk menuntut hak waris almarhum ibunya yang kini dipegang oleh ayah dan ibu tirinya.

Terlebih si ibu tiri Monik adalah wanita yang pernah menjalin hubungan dengannya. Dimas mendapat satu syarat dari ayah tirinya untuk mendapatkan harta warisan, yaitu ia harus menemukan dan menikahi seorang gadis lokal dalam waktu yang sudah ditentukan.

Untuk memenuhi syarat itu Dimas mengincar Larasati sebagai istrinya. Walaupun pada awalnya ini tak lebih dari sekedar permainan dari Dimas untuk mendapatkan warisan ibunya, tapi pada akhirnya Dimas menemukan cinta yang sebenarnya dari Larasati.

Ia kemudian bertekad untuk benar-benar menikahi Larasati dan bukan lagi sekedar alat untuk mengejar warisan. Tapi tentu saja jalan itu tidak akan terlalu mudah untuk dilewati. Monik adalah penghalang utama yang siap melakukan segala cara untuk menggagalkan pernikahan Dimas dan Larasati.

Terlebih dendam lama Monik pada Larasati sejak kecil membuat Monik tidak ragu untuk menyakiti siapapun yang berhubungan dengan Larasati. Ia menyuruh orang untuk membunuh Pak Karso pada saat tanggal pernikahan sudah sangat dekat.

Harapan Monik adalah dengan kematian sang kakek akan membuat Larasati membatalkan pernikahannya dan tentu saja akan berimbas pula dengan gagalnya Dimas mendapatkan harta warisan dari ibunya itu.

SINOPSIS LARASATI EPISODE 2

Monik ingin mengusir Larasati keluar dari rumah bahkan dengan cara kasar sekalipun, namun Bu Ida teman Monik mengajari Monik agar mengusir Larasati dengan cara halus.

Dimas akhirnya tahu bahwa perkebunan yang dikiranya hanya mengalami krisis itu ternyata mengalami kondisi yang lebih parah, yaitu hampir bangkrut. Bahkan semua aset perkebunan itu sudah digadaikan ke bank.

Dimas sangat marah ke Kuncoro dan Kuncoro melampiaskan kemarahannya ke Larasati, karena ia tahu dari Monik kalau Larasatilah yang mengadukan perihal terbongkarnya soal Monik yang mengatakan bahwa perkebunan sudah terjual pada setiap penelpon yang ingin membeli perkebunan.

Larasati pun hendak diusir Kuncoro, namun Dimas menyelamatkannya. Sementara Leo berencana membunuh Gunawan, namun tidak berhasil karena Andin menggagalkannya. Dilain pihak Andin bertemu dengan Saiful buruh pabrik di perusahaan Gunawan dan lewat pertemuan yang intens, Andin dan Saiful pun pacaran namun Leo tidak setuju.

Sementara itu semakin Rieke cs mengerjai Wulan, membuat Wulan dan Arfan semakin dekat. Hal ini membuat Ayu cemburu ke Wulan sampai akhirnya ia marah dan diam - diam memotret. Wulan saat diganti baju disekolah dan menempelkannya disekolah.

Ini membuat Arfan mencari tahu siapa yang menempelkan foto itu dan akhirnya ia tahu kalau pelakunya adalah Ayu sahabat Wulan. Sampai akhirnya Monik membuat suatu rencana jahat dengan berpura - pura pingsan saat berenang. Sehingga membuat Dimas ingin menolongnya dan Bi Tari yang saat itu berada disitu memanasi Dimas untuk kasih nafas buatan.

Sementara Rinto kasih tahu Larasati kalau Dimas menikahi Larasati karena Dimas masih mencintai Monik dan ingin balas dendam dengan Monik yang menikahi ayahnya. Namun Larasati tidak percaya.

Saat pulang, Larasati terbelalak kaget saat lihat Dimas sedang mencium Monik (padahal kasih nafas buatan).

SINOPSIS LARASATI EPISODE 3

Larasati akhirnya tahu kalau Dimas pernah pacaran dengan Monik. Tapi sekarang dia sama sekali sudah tidak punya perasaan apa-apa terhadap Monik. Larasati lega mendengar seperti itu.

Dimas cemburu karena Larasati mendapatkan gelang dari Rinto. Dimas menyuruh Larasati mengembalikan gelang itu kepada Rinto. Disaat yang sama, Dimas sebenarnya ingin memberikan Larasati perhiasan, tapi tidak sanggup karena Dimas tidak memegang uang.

Perusahaan Kuncoro sudah diambang batas, Pihak bank akan menyita perusahaan milik Kuncoro karena telat bayar utang ke bank. Makanya dia menyalahkan Dimas karena menikah dengan perempuan miskin macam Larasati.
Monik berusaha untuk menekan Larasati. Bahkan Monik sempat memasukkan Larasati ke dalam gudang karena dianggap telah memfitnah dirinya. Diam-diam dia juga morotin harta Kuncoro supaya tidak diminta Dimas.

Leo masih tidak setuju Andin pacaran dengan Saiful yang notabene adalah pegawai rendahan di kantor. Ketika dia bertemu dengan Rocki, Leo berencana menjodohkan Andin dengan Rocki.

Apalagi Leo melihat kalau Rocki cukup suka juga kepada Andin. Tapi Andin lebih memilih Saiful dibanding Rocki yang pengusaha muda terkenal. Hingga pada akhirnya Rocki mengutarakan cintanya ke Andin. Andin kaget!

Hubungan Wulan dengan Ayu makin memburuk. Arfan sendiri tetap cinta pada Wulan. Ini juga yang menyebabkan geng Rieke jadi kayak cacing kepanasan. Mereka tiada henti untuk berbuat kasar kepada Wulan.

Larasati pada akhirnya cukup dilanda depresi yang agak berat. Apalagi setelah Dimas, Monik dan Kuncoro memarahinya terus-terusan. Larasati pun memutuskan pergi. Tapi pada saat yang sama, Larasati melihat Dimas dan Monik seperti sedang bertindihan saat jatuh Larasati kaget dan berlari keluar dari rumah Kuncoro.

SINOPSIS LARASATI EPISODE 4

Larasati kabur dari rumah, Dimas yang berusaha mencari tidak berhasil menemukan Larasati. Justru Larasati pada akhirnya ditemukan oleh Rinto. Dimas berhasil juga menemukan Larasati tapi Larasati menolak untuk pulang lagi ke rumah keluarga Kuncoro. Namun akhirnya Larasati mau juga pulang bersama Dimas.

Monik kecewa bukan main melihat Larasati kembali. Makanya di pura - pura kabur dari rumah. Kuncoro tentu saja melarang, Monik pun mengajukan opsi jika Larasati masih ada disana dia yang akan pergi. Tapi jika Larasati pergi dia akan tetap tinggal dirumah.

Kuncoro pun mengusir Larasati, tapi pada saat yang sama petugas bank datang dan menyita rumah Kuncoro. Alhasil, Larasati pun tidak berhasil diusir. Perkebunan sendiri akhirnya dibeli oleh Gunawan. Bahkan Gunawan minta semua keluarga Kuncoro tinggal di rumahnya.

Akhirnya semua keluarga Kuncoro pun pindah dan tinggal dirumah Gunawan. Semua tidak ada yang berubah, bahkan Monik masih saja tetap menyiksa Larasati. Gunawan sendiri sebenarnya penasaran dengan Larasati karena nama itu mengingatkan dirinya pada anaknya yang dikabarkan sudah meninggal.

Dimas juga diterima bekerja di perusahaan Gunawan. Tentu saja yang makin kalang kabut dengan keadaan itu adalah Leo. Bagi Leo semakin banyak orang kemungkinan untuk menguasai harta Gunawan akan semakin susah.

Andin makin lengket dengan Saiful. Rocki jadi makin kehilangan harapan. Apalagi Saiful naik jabatan. Monik marah besar ketika lihat Gunawan memanggil Larasati untuk membicarakan masalah pribadi, Monik dan Bu Ida akhirnya merencanakan sesuatu agar Gunawan benci ke Larasati.

Mereka menjebak Larasati diruang kerja Gunawan dan menuduhnya mencuri. Monik yang kalap mengacungkan pisau ke arah Larasati dan bilang kalau di Arab orang mencuri di potong tangannya dan sekarang ia akan memotong tangan Larasati. Larasati sangat kaget dan ketakutan.

SINOPSIS LARASATI EPISODE 5

Monik membuat rencana agar Gunawan dan Bu Siska membenci Larasati dengan menjebaknya mencuri gelang Bu Siska. Namun ternyata tidak membuat Gunawan membenci Larasati.

Sementara hubungan Wulan dan Ayu membaik, hal ini membuat Rieke berang, ia pun merencanakan agar Ayu dan Wulan berantem. Lalu ia menghasut Arfan agar menyuruh Wulan menjauhi Ayu, namun nyatanya Wulan tidak mau menjauhi Ayu. Dan pada saat yang sama Wulan membaca buku diary Ayu yang mengatakan bahwa Ayu sangat mencintai Wulan dan Wulan dianggap Ayu sebagai orang yang menghalangi cinta ia dan Arfan. Wulan sedih terlebih, lagi ketika Arfan menyatakan cinta dan mengajaknya berpacaran. Wulan akhirnya menolak cinta Arfan.

Disisi lain Leo sendiri merasa dirinya terancam dengan kehadiran Larasati karena Gunawan semakin merasa bahwa Larasati adalah anaknya. Oleh karena itu Leo pun berencana untuk membunuh Gunawan dan mengkambinghitamkan Larasati. Namun sayang, Gunawan tidak meninggal. Leo sangat kecewa terlebih lagi ketika Gunawan sadar, Gunawan menyebut nama Larasati.

Hubungan Andin dan Saiful sendiri semakin bermasalah, karena Leo sengaja membayar Amel sekretaris Saiful untuk membuat Andin dan Saiful putus. Sampai akhirnya Andin cemburu berat saat melihat Amel memeluk dan menyatakan cintanya ke Saiful.

Sementara, tuduhan Larasati hendak membunuh Gunawan sampai juga ditelinga Rinto. Rinto mendatangi Larasati dan mengajak Larasati pergi dari Dimas. Larasati tidak mau, namun Larasati tiba-tiba pingsan, Rinto membawanya pergi. Sampai akhirnya Dimas menemukan mereka.

Dimas sendiri dihasut Monik bahwa Larasati sudah tidak tahan tinggal dengan Dimas karena Dimas selalu menyiksanya dan akan pergi sama Rinto. Hal ini membuat Dimas semakin kesal dengan Larasati. Larasati semakin sedih ketika Leo dan Monik menghasut Bu Siska untuk melaporkan Larasati ke polisi karena percobaan pembunuhan terhadap Gunawan. Monik pun menakut-nakuti Larasati kalau Larasati akan dihukum membusuk di penjara!

SINOPSIS LARASATI EPISODE 6

Leo melaporkan Larasati ke kantor polisi sebagai tersangka yang hendak membunuh Gunawan. Dimas yang mendengarnya kesal, ia pun datang ke kantor polisi. Namun disana ia malah menemukan Rinto yang sudah terlebih dahulu datang bersama pengacaranya. Apalagi Rinto bilang kalau Larasati yang memintanya datang membelanya. Dimas semakin cemburu.

Saat pulang, Dimas melihat Rinto memeluk Larasati. Dimas mengira Larasati selingkuh, padahal Larasati nangis karena membaca surat dari kakek dan neneknya.

Dan dirumah Dimas pun memarahi Larasati, Larasati mengatakan kalau Rinto datang untuk membawa surat. Dimas tidak percaya Larasati pun mengajak Dimas ke taman untuk cari surat itu, namun sayang surat itu tidak ada. Hal ini membuat Dimas semakin kecewa.

Sementara polisi meminta barang bukti ke Leo, Leo pun menyuruh polisi menggeledah kamar Larasati. Dan akhirnya botol racun pun ditemukan di kamar Larasati. Larasati sangat kaget, Leo, Monik dan Bu Ida sangat senang melihatnya, apalagi Dimas semakin membenci dan pergi dari rumah (tidur di luar).

Larasati semakin sedih karena tidak ada yang membelanya, Dimas marah dan Gunawan diberi obat tidur oleh Bi Tari atas suruhan Monik. Sementara Dimas menemukan surat dari kakek dan nenek, sehingga ia merasa sangat bersalah dan membela Larasati.

Sampai akhirnya, polisi menyatakan kalau kandungan racun yang ditemukan di kamar Larasati ternyata sama dengan kandungan yang ditemukan di darah Gunawan saat dirawat. Polisi pun ingin menangkap Larasati. Namun Bi Sumi melihat Bi Tari yang kasih obat tidur, ia pun menggagalkan sehingga Gunawan bangun. Gunawan pun melarang polisi untuk menangkap Larasati, karena ia sendiri akan menjamin berapapun biayanya, namun sayang polisi bilang hanya saksi yang meringankan Larasati yang bisa membebaskan Larasati. Larasati pun bilang ada saksi yaitu Bi Asih, namun sayang Bi Asih sudah disekap Monik dan Bu Ida, sehingga polisi tetap membawa Larasati pergi, Dimas sangat sedih dan berjanji akan membebaskan Larasati.

Larasati dituduh hendak membunuh Gunawan. Larasati dilaporkan polisi oleh Leo dan siap dijebloskan ke penjara. Gunawan merasa mempunyai ikatan batin dengan Larasati. Ia pun menyelamatkan Larasati, Larasati dan Dimas lega karena Larasati bebas.

Monik terus mencari cara untuk menyingkirkan Larasati. Salah satunya dengan menghasut Rinto agar mengambil Larasati dari rumah Gunawan. Rinto percaya cerita Monik bahwa Larasati hidup menderita karena selalu disiksa Dimas.

Karso sakit keras, Rinto membantu membawa Larasati ke rumah Karso. Tapi saat Larasati dan Rinto datang ternyata Karso dan Neni sudah tidak ada karena diculik Bu Ida atas perintah Monik. Larasati dan Rinto mencari Karso dan Neni.

Leo dan Rocki tidak henti-hentinya berusaha memutuskan hubungan Andin dan Saiful. Bahkan Leo berhasil menjebak Saiful hingga Saiful dipecat dari perusahaan Gunawan.

Namun usaha Leo tidak sampai disitu ia pun menyuruh Amel untuk tidur dengan Saiful. Dan parahnya, saat Andin hendak ke rumah Saiful, Andin melihat semuanya. Andin terkejut dan terluka hatinya saat mendapati Saiful tidur seranjang dengan Amel.

Sementara, Monik terus menghasut Dimas bahwa Larasati selingkuh dengan Rinto, namun Dimas masih tidak percaya. Namun ketika Dimas melihat sendiri Rinto memeluk Larasati di tengah ruang tamu rumah Gunawan. Dimas sangat kecewa dan tidak lagi percaya dengan Larasati. Larasati menangis sedih karena hendak diusir tanpa ada yang membela dirinya, baik Gunawan ataupun Andin. Dan dengan kasar, Monik dan Bu Ida mengusir Larasati pergi dari rumah. Larasati hanya bisa menangis sedih.


SINOPSIS LARASATI EPISODE 7

Larasati terpaksa pergi dari rumah. Dia berusaha meyakinkan semuanya kalau dia tidak bersalah. Tapi mereka tidak ada yang percaya, termasuk Dimas. Larasati bertekad bahwa dia akan benar-benar pergi tidak akan pernah mau kembali lagi ke rumah Gunawan.

Gunawan sendiri merasa tidak tega dengan perginya Larasati. Apalagi dia dapat laporan kalau dia melihat foto mirip bayi Ratri di kopor Larasati. Gunawan minta Dimas untuk mencari Larasati. Tapi Dimas tetap tidak mau. Hingga pada akhirnya Dimas merasa bahwa Larasati belum tentu bersalah, dia pun memutuskan untuk mencari Larasati.

Monik ternyata menghubungi temannya untuk menjual Larasati yang akan dijadikan pelacur di Batam. Dengan dibantu oleh beberapa orang suruhan, Monik terus mencari Larasati yang sudah terlanjur pergi dari rumah.

Larasati yang sempat terlunta-lunta di jalanan akhirnya ditangkap petugas trantib karena dianggap pelacur. Untungnya Larasati berhasil kabur sehingga dia tidak dijadikan tahanan.

Saiful terus berusaha mendekati Andin lagi. Tapi Andin tetap tidak mau mempercayai Saiful karena sudah berselingkuh dengan Amel. Di saat yang sama Rocki juga mengajukan tunangan dengan Andin sehingga Saiful makin terlihat sangat kecewa.

Monik akhirnya berhasil menemukan Larasati. Oleh Monik, Larasati dijual kepada seorang mucikari. Untungnya Larasati berhasil memukul kepala mucikari pada saat si mucikari hendak memperkosanya. Kesempatan ini digunakan oleh Larasati untuk kabur.

Monik yang diberi kabar dari mucikari, segera mencari Larasati bersama Bu Ida. Setelah mencari kesana-sini keduanya berhasil menemukan Larasati. Oleh Monik, Larasati yang sedang berlarian di jalanan langsung ditabrak hingga tubuh Larasati terpental ke jalanan. Monik tersenyum puas mendengarnya.

SINOPSIS LARASATI EPISODE 8

Larasati menolak permintaan Andre untuk pura-pura menikahinya. Sesampainya dirumah Larasati dimarahi Dimas. Karena Dimas merasa dibohongi Larasati lantaran Larasati tidak datang ke tempat yang ia janjikan untuk merayakan hari ulang tahunnya. Untuk itu, Dimas minta Larasati untuk tidak berhubungan lagi dengan Andre. Larasati menyanggupinya.

Namun sayang, Bu Dewi ibu Andre meminta Andre untuk membawa Larasati ke rumahnya sebagai hadiah hari ulang tahunnya. Awalnya Andre menolak namun Bu Dewi mendesak sehingga Andre pun akhirnya mau.

Sementara, Andin tak bisa melupakan Saiful, ia selalu teringat dengan Saiful. Hal ini membuat Rocki marah namun Saiful terus datang ke rumah Rocki menyatakan cintanya dan meminta Andin kembali ke pelukannya..

Namun Amel juga merasa cemburu melihat perjuangan Saiful, sampai akhirnya ia menyadari bahwa ia mencintai Saiful. Saiful terus berusaha datang untuk menemui Andin, Rocki sendiri sangat marah karena Andin masih saja mengingat Saiful.

Oleh karena itu ia mengancam Andin untuk tidak menemui Saiful, karena kalau itu terjadi Rocki akan semakin menyakiti Andin. Dan parahnya Saiful datang dan masuk ke rumah, bertemu Andin. Andin sangat kaget.

Karin semakin mendekati Rinto namun Pak Lurah menentang hubungan Karin dan Rinto karena ia melihat Karin berperilaku kasar dengan kakek dan nenek Larasati. Karin sangat marah dan hendak menyiksa kakek dan nenek Larasati.

Sementara Larasati tidak mau bertemu dengan Andre dan Andre malah bertemu dengan Monik. Monik menghasut Andre untuk membawa Larasati, karena Larasati disiksa Dimas.


SINOPSIS LARASATI EPISODE 9

Dimas sangat marah melihat Larasati dipeluk Andre. Dimas kalap lalu memukul Andre, Monik lekas menolong Andre sehingga Larasati pun menolong Andre. Hal ini membuat Dimas semakin cemburu.

Sementara itu, Larasati melihat Gunawan memegang foto Ratri. Akhirnya ia mengaku kalau itu adalah foto ibunya, namun Gunawan tidak mempercayainya. Bu Ida melihat hal ini dan menarik Larasati. Bersama Monik, akhirnya mereka mengancam Larasati dan membakar foto Ratri dan Larasati kecil di depan Larasati. Larasati pun sedih namun ia tidak menyerah untuk menyakinkan Gunawan. Sementara itu, Monik dan Andre bekerja sama untuk memisahkan Larasati dan Dimas.

Larasati sendiri mendengar ucapan Dimas yang sedang bertengkar dengan Kuncoro, bahwa Dimas menikahi Larasati hanya untuk membuat Kuncoro marah. Hal ini membuat Larasati jadi syok. Ia pun pergi ke taman, disana ternyata dia bertemu dengan Andre. Andre pun membawa Larasati pulang ke rumahnya.

Sampai akhirnya Dimas memergoki Larasati dan bilang kalau ia akan menikahi Andre. Padahal ini hanya untuk membuat Bu Dewi bahagia, karena Bu Dewi sedang kritis dan akan meninggal. Namun Dimas kalap dan membawa Larasati pergi saat itu juga, sementara tak lama Bu Dewi meninggal.

Sementara perbuatan Karin yang membuat kaki Bu neni berdarah, ketahuan oleh Pak Lurah dna Rinto. Karin sangat marah dan hendak membunuh Wulan di rumah sakit.

Sedangkan Andin masih disekap oleh Rocki. Namun Andin keluar dari rumah berkat bantuan Bi Iyah, Andin pun lekas ke rumah Saiful. Namun disana ia malah bertemu dengan Amel. Dengan jahat, Amel memukul Andin sehingga ia pingsan. Amel pun membuang Andin di jalanan. Dan parahnya, saat Andin sadar, ia hampir saja ditabrak oleh Rocki.

SINOPSIS LARASATI EPISODE 10

Dimas sangat marah melihat Larasati tidur dengan Andre. Oleh karena itu Dimas pergi dengan kesal, Larasati mengejarnya, juga Andre. Namun sayang, Dimas malah tertabrak dan dibawa ke rumah sakit. Ternyata Dimas dinyatakan lumpuh sementara.

Kemudian Karin semakin cemburu dengan Indah dan selalu saja menyakitinya. Namun pada akhirnya perbuatan jahatnya itu dilihat oleh Pak Lurah. Karin benar-benar kaget dan ketakutan.

Larasati jelas saja disalahkan oleh Monik dan Gunawan, juga oleh Dimas. Larasati terus saja menjelaskan bahwa ia tidak bersalah namun keadaan semakin memberatkan dirinya karena Andre lagi-lagi datang ke rumah sakit. Larasati sudah marah dengan Andre dan memintanya untuk meninggalkan Larasati. Andre jelas kaget dan tidak mau.

Sementara Andin dipukuli dan disiksa oleh Rocki sampai akhirnya ia pingsan dengan kepala berdarah. Bi Iyah lekas mencari bantuan dan akhirnya Saiful yang menolongnya dan membawanya ke rumah sakit. Namun Saiful tetap bersikeras untuk menjaga Andin. Sedangkan Amel marah-marah karena Saiful lebih mementingkan Andin dibanding dengan pekerjaannya. hal ini membuat Amel dan Rocki memutuskan untuk berhenti bekerja sama kembali untuk memisahkan Saiful dan Andin. Apalagi ketika Andin meminta bercerai dari Rocki.

Sampai akhirnya Dimas dibawa pulang ke rumah oleh Gunawan. Larasati masih tetap berusaha untuk menjelaskan ke Dimas dan Gunawan, namun ia malah dicaci maki oleh seluruh keluarga Gunawan. Sampai akhirnya Andre datang dan jujur mengatakan kesalahannya karena Larasati mengancam untuk tidak mau lihat Andre lagi. Dan saat itu Dimas mendengarnya dan ia merasa sangat bersalah. Mendengar berita itu, Monik jelas marah dan melabrak Andre. Namun Andre bilang kalau ia tidak mau menyakiti Larasati lagi, ia memilih untuk berteman dengan Larasati dan masih berharap memilikinya namun dengan cara yang bersih. Monik pun jelas marah.

SINOPSIS LARASATI EPISODE 11

Larasati marah besar melihat Dimas yang ketahuan tidur dengan Monik. Tapi Dimas berhasil menyadarkan larasati kalau dia sama sekali tidak bersalah. Justru dia tlah dibuat tidak sadaroleh Monik, sehingga bisa tidur dengan Monik. Larasati juga pernah diperlakukan seperti itu saat tidur dengan Andre. Larasati pun akhirnya percaya.

Monik akhirnya hamil. Monik dan Bu Ida tahu bahwa anak dalam kandungan Monik adalah anak Kuncoro. Tapi demi mendramatisir suasana, Monik mengaku pada semua orang bahwa anak itu adalah anak hasil hubungannya dengan Dimas.

Larasati tak mau percaya kalau anak dalam rahim Monik adalah anak Dimas. Dia sudah benar-benar percaya bahwa Dimas tidakmungkin melakukan itu.

Leo makin bernafsu untuk menyingkirkan Dimas. Dia melakukan berbagai cara supaya Dimas benar-benar dipecat oleh Gunawan. leo kemudian memanipulasi data keuangan dan menciptakan bukti-buktipengeluaran fiktif. Akibatnya, ketika diperiksa ternyata perusahaan rugi besar. Gunawan pun marah besar.

Dimas tidak mengaku kalau dia yang telah melakukan semua itu. Dia mengatakan bahwa akan membuktikan kepada Gunawan kalau dia tidak bersalah. Justru yang bersalah adalah Leo.

Kuncoro sendiri senang bukan main saat mendengar Monik hamil. Tapi dia kaget saat Monik bilang kalau anak dalam rahimnya adalah anak Dimas. Jelas saja Kuncorotidak percaya. Dia tetap mengakui kalau anak dalam rahim Monik adalah anaknya.

Karena sudah sangat tersudut, Monik disarankan oleh Bu Ida untuk membunuh Kuncor saja. Oleh sebuah rekayasa, Monik akhirnya berhasil membawa Kuncoro ketempat yang agak sepi. Disanalah dia hendak membunuh Kuncoro. Pada saat yang sama, rupanya ada Larasati ditempat itu. larasati berusaha untuk menolong, tapi justru malah Larasati yang terkesanseperti menusukkan pisau ke tubuh Kuncoro. Monik langsung menuduh Larasati sebagai pembunuh Kuncoro.

Monik bilang pada semua orang bahwa larasati-lah yang membunuh Kuncoro. Tentu saja Larasati berusaha membela diri karena ternyata Monik memutar balikkan fakta. Tapi semua orang percaya pada Monik, hanya Andre yang mendukung bahwa Larasati tidak bersalah. Tentu saja Monik kesal dengan dukungan Andre ini.

Larasati akhirnyalepas dari jeratan hukum karena tidak ada bukti dan mayat Kuncoro tidak ditemukan di tempat kejadian perkara. Monik kesal sekaligus khawatir. Dia takut kalau Kuncoro masih hidup dan akan membuat perhitungan dengannya.

SINOPSIS LARASATI EPISODE 12

Leo Gagal membunuh Larasati karena Gunawan keburu menyelamatkannya. Namun kondisi Larasati tak sadarkan diri. Saat itu Gunawan baru sadar bahwa Larasati adalah anaknya. Dia mengenali Larasati dari tanda lahirnya dileher bagian belakang. Gunawan ingin memastikan hal tersebut, namun keburu dihalangi oleh Bu Ida.

Bu Ida marah saat Gunawan ingin memastikan tanda lahir yang dimiliki Larasati. ia bersama Monik akhirnya berinisiatif untuk menghapus tanda lahir yang dimiliki Larasati. sayangnya, belum juga tanda lahir itu terhapus, Andre keburu muncul dan mencoba menolong Larasati. Apa yang terjadi pada Andre dan larasati, ternyata membua Dimas marah besar pada Larasati.

Sementara itu Rocki menghasut Andin dengan mengatakan bahwa Saiful tak bisa datang karena sedang bersama Amel. Andin yang tak poercaya kemudian menghubungi Saiful, kebetulan yang mengangkat telepon Amel sendiri. Dalam percakapan mereka, Amel mengatakan bahwa ia akan menikah dengan Saiful. Andin tak percaya dengan perkataan Amel. Padahal Saiful tak pernah menginginkan menikah dengan Amel. ia pun lari dari rumah dan hal tersebut membuat Amel Marah.

Disisi lain Monik mengatakan pada Dimas bahwa Larasati mulai jatuh cinta pada Andre. Karena itu, ia pun lebih memilih meminta pertolongan Andre ketimbang Dimas. Dimas pun mengkonfirmasi pernyataan Monik pada Larasati. Larasati pun mengatakan bahwa ia sebenarnya telah menghubungi Dimas, namun saat itu Dimas tak mengangkat teleponnya. Dimas pun percaya dan hubungan mereka baik kembali.

SINOPSIS LARASATI EPISODE 13

Larasati selamat dan ditemukan oleh pembantu Andre. Namun sayang, Monik melihatnya. Monik sangat marah dan mengirimkan mata-mata, Tika yang menyamar sebagai pembantu dirumah Andre. Tika pun membuat Larasati semakin menderita. Sementara itu Larasati hendak pergi dari rumah Andre, namun Andre memintanya untuk tinggal dengan alasan keselamatan Larasati. Larasati pun mengiyakan.

Namun semenjak kedatangan Wina, kakak Andre yang ternyata pernah gila dan dirawat di RSJ, Larasati semakin dipojokan karena Wina tidak menyukai Larasati. Karena ia menganggap Larasati hanya akan mengambil uang Andre. Wina pun akhirnya bersama Tika menyiksa Larasati dirumah itu.

Saiful memukul Rocki dan berusaha menyelamatkan Andin, namun Roki malah membuat melukai Saiful dengan pisau dan membawa Andin pergi. Sementara, Amel sangat marah saat tahu Saiful pergi ke rumah Andin. Sementara Saiful berusaha menyelamatkan Andin. Namun Saiful malah pingsan.

Di rumah Gunawan, Monik dan Bu Siska mulai merasa akan menjadi pemilik rumah. Makanya mereka ingin mengusir Bu Siska dengan cara membuat Bu Siska jelek dan selalu bikin masalah di rumah Gunawan. Sementara Dimas dan Gunawan terlihat menyesali kepergian Larasati. Mereka sadar kalau mereka berdua membutuhkan Larasati dengan cara yang berbeda. Dimas pun akhirnya dapat memaafkan Larasati, namun ia sayang tidak bisa menemukan Larasati dimana.

Sementara Rinto, mengejar Indah untuk tahu mengapa Indah menolak cintanya, namun Indah yang kebingungan malah menggandeng Herman yang saat itu datang. Rinto jelas cemburu. Karin melihat ini dan akhirnya ia mengajak Rinto pergi melihat Herman yang sedang menghibur Indah, Karin menghasut Rinto dan bilang kalau Indah menolak Rinto karena cinta dengan Herman. Rinto sangat kaget dan marah.

Monik tak punya pilihan lain selain memberi tahu dimana keberadaan Larasati ke Dimas. Sementara penyiksaan ya dilakukan Wina dan Tika ketahuan oleh Andre. Andre jelas sangat marah dan mengultimatum Wina kalau Wina masih berperilaku kasar apalagi sampai Larasati keluar dari rumah, maka Wina yang akan dimarahi dan dimasukan kembali ke RSJ. Wina pun terpaksa menyetujui. Tak lama setelah Andre pergi ke kantor. Wina menjatuhkan lampu gantung tepat dibawah kepala Larasati.


SINOPSIS LARASATI EPISODE 14

Larasati masih terkurung di rumah Andre. Dimas berusaha menjemput Larasati di rumah Andre. Tapi sayang Larasati tidak mau pulang ikut Dimas karena takut dengan ancaman Wina yang akan membunuh Dimas dan Larasati jika Larasati ikut pulang bersama Dimas. Meski Dimas kecewa dengan sikap Larasati, tapi Dimas tetap yakin Larasati butuh pertolongannya.

Wina terus meneror Larasati dengan menodongkan pisau seolah ingin membunuh Larasati. Sementara Tika mengambil keuntungan dari situasi ini dengan mengadu domba Andre dan Dimas. Tika juga menjilat Monik dengan meneror Larasati. Tika meletakkan blatung ulat di piring lauk. Hal ini membuat Larasati shock ketika hendak makan. Larasati juga melihat ceceran darah di kamar mandi. Bahkan Tika menakut-nakuti Larasati dengan memakai pocong. Tapi Tika menghasut Andre bahwa Larasati gila karena siksaan Dimas. Andre pun makin membenci Dimas.

Sementara hubungan Saiful terlihat sangat sedih mempersiapkan pernikahannya sedangkan Rocki sendiri tidak memperdulikan janjinya untuk tidak menyiksa Andin. Sampai akhirnya sebelum pernikahan Amel dan Saiful dilangsungkan, Rocki memarahi dan menyiksa Andin. Saiful melihat itu dan langsung membatalkan janjinya dan membawa Andin kabur. Sedangkan Rinto semakin cemburu karena Herman semakin mendekati Indah. Hal ini membuat Pak Lurah, Bu Neni dan Pak Karso cemas, karena Herman bajingan.

Sementara itu Ida dan Monik terus meneror Siska agar tidak betah di rumah. Dibantu Tari, Monik mengambil perhiasan Siska dan menggantinya dengan daun. Saat Siska melapor ke Gunawan dan Gunawan melihat kotak perhiasan Siska seperti semula. Hal ini mengurangi rasa percaya Gunawan pada Siska.

Dimas kembali ke rumah Andre untuk menjemput Larasati. Andre menghalang-halangi Dimas. Terjadilah perkelahian diantara keduanya. Larasati yang mengetahui kedatangan Dimas hendak keluar menemui Dimas. Tapi lagi-lagi Wina mengancam Larasati dengan pisau. Larasati takut. Wina mendorong tubuh Larasati hingga kepala Larasati membentur tembok. Saat Dimas datang Wina pergi dan pisaunya terjatuh. Larasati mengambil pisau tersebut. Dimas mendekati Larasati yang kepalanya pusing terbentur tembok, melihat Dimas sebagai Wina. Larasati pun menodongkan pisau ke Dimas. Dan dengan jahat, Wina mendorong Larasati sehingga pisau menusuk perut Dimas. Larasati sangat kaget!


SINOPSIS LARASATI EPISODE 17

Larasati masih "terkurung" dirumah Andre. Dimas berusaha menjemput Larasati dirumah Andre. Tapi sayang, Larasati tidak mau pulang ikut Dimas karena takut dengan ancaman Wina yang akan membunuh Dimas dan Larasati jika Larasati ikut pulang bersama Dimas. Meski Dimas kecewa dengan sikap Larasati, tapi Dimas tetap yakin Larasati butuh pertolongannya.

Wina terus meneror Larasati dengan menodongkan pisau seolah ingin membunuh Larasati. Sementara Tika mengambil keuntungan dari situasi ini dengan mengadu domba Andre dan Dimas. Tika juga "menjilat" Monik dengan meneror Larasati. Tika meletakkan "belatung/ulat" dipiring lauk.

Hal ini membuat Larasati shock ketika hendak makan. Larasati juga melihat ceceran darah di kamar mandi. Bahkan Tika menakut-nakuti Larasati dengan memakai pocong. Tapi Tika menghasut Andre bahwa Larasati gila karena siksaan Dimas. Andre pun makin membenci Dimas.

Sementara hubungan Saiful terlihat sangat sedih mempersiapkan pernikahannya sedangkan Rocki sendiri tidak memperdulikan janjinya untuk tidak menyiksa Andin. Sampai akhirnya sebelum pernikahan Amel dan Saiful melihat itu dan langsung membatalkan janjinya dan membawa Andin kabur.

Sedangkan Rinto semakin cemburu karena Herman semakin mendekati Indah. Hal ini membuat Pak Lurah, Bu Neni dan Pak Karso cemas karena Herman bajingan. Sementara itu Ida dan Monik terus meneror Siska agar tidak betah dirumah. Dibantu Tari, Monik mengambil perhiasan Siska dan menggantinya dengan daun.

Saat Siska melapor ke Gunawan dan Gunawan melihat kotak perhiasan Siska ternyata isinya bukan daun, melainkan perhiasan Siska seperti semula. Hal ini mengurangi rasa percaya Gunawan pada Siska. Dimas kembali ke rumah Andre untuk menjemput Larasati.
Andre menghalang-halangi Dimas.

Terjadilah perkelahian diantara keduanya. Larasati yang mengetahui kedatangan Dimas hendak keluar menemui Dimas. Tapi lagi lagi Wina mengancam Larasati dengan pisau. Larasati takut, Wina mendorong tubuh Larasati hingga kepala Larasati membentur tembok.

Saat Dimas datang, Wina pergi dan pisaunya terjatuh. Larasati mengambil pisau tersebut. Dimas mendekat Larasati berusaha menenangkan Larasati. Tapi Larasati yang kepalanya pusing terbentur tembok, melihat Dimas sebagai Wina. Larasati pun menodongkan pisau ke Dimas dan dengan jahat, Wina mendorong Larasati sehingga pisau menusuk perut Dimas. Larasati sangat kaget!

SINOPSIS LARASATI EPISODE 18

Larasati kaget lihat Dimas tertusuk. Monik dan Ida datang. Monik dan Ida lalu membawa Dimas ke Rumah Sakit. Larasati yang sadar dengan perbuatannya pada Dimas, hendak ikut mengantar Dimas ke Rumah Sakit, tapi Andre melarang keras Larasati. Andre masih menganggap Dimas sebagai orang yang berbahaya bagi Larasati karena suka menyiksa Larasati.

Sementara, Bu Saiful marah besar ketika tahu Saiful dan Andin melarikan diri dari pernikahan dia dan Amel. Bu Saiful mengejar, sampai akhirnya ia tertabrak. Saiful dan Andin pun datang. Namun sayangnya, Amel dan Rocki sudah bersekongkol sehingga Andin dibawa Rocki lagi, sedangkan Herman menghasut Rinto dengan bilang ia sudah mencumbui Indah dan sebentar lagi akan menidurinya, Rinto marah dan bilang ke Indah apa Indah akan tidur sama Herman? Indah sangat marah dan menampar Rinto.

Larasati berusaha kabur dari rumah Andre untuk menemui Dimas di Rumah Sakit. Tapi Andre malah mengunci Larasati di kamarnya. Ketika Tika dan Wina masuk untuk meneror Larasati, Larasati menggunakan kesempatan ini untuk kabur. Larasati berhasil kabur ke Rumah Sakit. Tapi sial Dimas sudah dibawa pergi oleh Ida. Sementara Monik menghadang Larasati dengan memfitnah Larasati sebagai pengganggu. Monik lalu pergi. Larasati yang hendak ditangkap berhasil diselamatkan Andre dan kembali dibawa pulang ke rumah Andre. Larasati pun gagal bertemu Dimas.

Gunawan terkejut melihat Dimas. Monik dan Ida menghasut Gunawan kalau Larasati perempuan jahat yang hendak membunuh Dimas. Siska berusaha membela Larasati dan mengatakan Monik dan Ida pembohong. Hal ini membuat Ida makin marah pada Siska. Siska pun kembali mendapat teror dari Ida. Hingga akhirnya Siska memutuskan untuk keluar dari rumah Gunawan. Meski Gunawan sudah mencegah Siska, tapi Siska kekeuh pergi juga. Bahkan Leo juga tak bisa menahan Siska untuk tetap tinggal di rumah Gunawan. Ida menghasut Leo kalau Siska pergi karena ulah Dimas.

Ida dan Monik menghasut warga penduduk sekitar rumah Andre untuk mengusir Larasati dengan memfitnah Larasati telah berzina dengan Andre. Warga terprovokasi. Mereka ke rumah Andre dan menyeret Larasati. Andre yang berusaha menyelamatkan Larasati dicegah Monik dan Ida. Saat Larasati hendak dipukuli, Dimas datang berusaha menolong Larasati hingga Dimas yang terkena pukulan. Dimas pingsan. Larasati pun akhirnya juga pingsan terkena pukulan.

SINOPSIS LARASATI EPISODE 21

Larasati tertusuk Leo hingga dia berdarah-darah. Saat itu, Dimas dan larasati tidak tahu kalau pelakunya adalah leo. Monik dan Bu Ida menyarankan Dimas untuk mengejar Leo. Sementara keduanya membawa Larasati kerumah sakit.

Diam-diam Monik ternyata memberitahu hal itu kepada Andre. Seketika, Andre mendatangi rumah sakit untuk menemui Larasati. Ternyata Larasati kekurangan banyak darah. Andre langsung mengajukan diri untuk menjadi mendonorkan darahnya untuk Larasati. Bukan itu saja, Andre bahkan membayar semua uang perawatan larasati selama ia dirumah sakit.

Dimas yang geram langsung menghajar Andre. Larasati yang tahu hal itu, kesal bukan main. Bagi Larasati, Andre adalah orang yang menolong hidupnya. Namun Dimas malah menghargainya dengan hajaran.

SINOPSIS LARASATI EPISODE 22

Larasati terkejut ketika dia ditampar oleh Dimas. Apalagi selama ini dia baru pertama kali ditampar oleh Dimas. Sehingga Larasati benar-benar sakit hati atas perlakuan Dimas kepadanya.

Dimas sendiri benar-benar telah menyesal karena menampar Larasati. Dia berusaha untuk meminta maaf tapi Larasati tidak mau memaafkan begitu saja kepada Dimas.

Di saat seperti ini Monik, Bu Ida dan Tika memanfaatkan situasi untuk memisahkan Dimas dengan Larasati. Bahkan mereka juga masih menghembuskan fitnah bersama Larasati sebagai penyebab putusnya hubungan antara perusahaan Gunawan dengan perusahaan Andre.

Akibatnya Gunawan makin benci kepada Larasati. Apalagi ketika Larasati mempermalukan rekan bisnis yang akan kerja sama dengan perusahaannya.

Andre tetap akan mempertahakan Larasati. Dia tidak mau Larasati terus-terusan disakiti oleh keluarga Gunawan. Makanya Andre memaksa Larasati untuk keluar dari rumah Gunawan. Larasati jelas saja menolak karena dia masih belum mau bercerai dengan Dimas. Di luar dugaan Andre akan terus menunggu sampai Larasati berhasil dia miliki.

Sementara yang bisa dilakukan oleh Dimas adalah mabuk-mabukkan di sebuah bar. Dia benar-benar depresi karena begitu lemah di hadapan Larasati. Apalagi bila dibandingkan dengan Andre.

Hingga suatu ketika Andre kembali minta Larasati untuk meninggalkan Dimas. Daripada Larasati terus-terusan makan hati karena Keluarga Dimas sangat kasar kepada Larasati. Pada saat itu Dimas muncul. Dia benar-benar marah melihat Larasati yang sedang bicara dengan Andre. Dimas marah dan memukul Andre. Akibatnya Andre terjatuh saking kerasnya pukulan. Pada saat itu kepala Andre terbentur sebuah batu hingga berdarah.

Larasati kaget melihat itu semua. Dia menyalahkan Dimas dan lekas menolong Andre.

SINOPSIS LARASATI EPISODE 23

Andre menderita geger otak ringan. Hal ini membuat Wina marah besar ke Larasati dan Dimas. Dan, hubungan Larasati dan Dimas semakin memanas karena Andre meminta Larasati untuk menemani dirumah sakit. Namun Larasati tetap pulang ke rumah namun Bu Ida dengan jahat mengusirnya, sehingga Dimas semakin yakin Larasati lebih memilih Andre.

Sementara Wina dihasut Monik agar melaporkan Dimas ke polisi. Wina pun menyetujui, rencana Monik berhasil karena Larasati memohon dengan berlutut ke Andre agar mencabut tuntutannya. Melihat itu, Dimas memarahi Larasati. Larasati kaget dan mengira Dimas tidak menghargai pengorbanan.

Hubungan mereka pun semakin memanas. Andre dan Monik yang melihat ini jelas senang. Namun masalah terjadi, ketika Wina yang marah karena Andre membebaskan Dimas dari tuntutan, Wina hendak menyiramkan air keras ke wajah Larasati, Dimas yang melihat itu semua menyelamatkan Larasati.

Hal ini membuat hubungan Larasati dan Dimas kembali baik. Andre yang marah menyuruh pegawai rumah sakit membawa Wina masuk ke rumah sakit jiwa. Wina pun bersumpah akan menghancurkan Larasati. Sementara dirumah, Gunawan terlihat marah ketika Dimas membawa Larasati kerumah.

Namun Dimas tetap membela Larasati. Hal ini membuat Monik gerah, ia pun bilang ke ibunya kalau Larasati harus cepat disingkarkan takut mempengaruhi Gunawan, dan takut Gunawan tahu kalau Larasati anak kandungnya. Ternyata Tika mendengar ini semua. Tika pun menyesali dirinya yang sudah jahat sama Larasati. Ia mulai bukin siasat untuk berkhianat ke Monik.

Saat Monik suruh Tika membuat Larasati buta, Tika malah menyelamatkan Larasati. Monik jelas marah dan hendak membunuh Tika, namun Tika berkelit bilang ini adalah cara baru untuk bunuh Larasati karena dengan jadi teman Larasati. Monik percaya, Tika sangat senang mendengarnya. Lama kelamaan, Tika menjadi terobsesi ingin menjadi Larasati.

Ia pun memakai baju yang diberikan Dimas untuk Larasati. Alhasil, hubungan Larasati dan Dimas yang sudah membaik menjadi memburuk. Sampai akhirnya Tika berniat untuk membunuh Larasati, karena hasutan Monik yang bilang selama ada Larasati, maka Tika tidak akan pernah bisa jadi Larasati. Namun sayang, rencana Tika itu dilihat Dimas.

SINOPSIS LARASATI EPISODE 24

Tika mau mencoba meracuni Larasati, tetapi gagal karena Dimas menghalanginya. Apa yang dilakukan Dimas ternyata justru membuat Larasati kesal sama Dimas dan semakin dekat dengan Tika.

Suatu ketika Monik bilang ke Dimas kalau Larasati berubah gara-gara Tika. Tika mendengar itu dan ia tidak terima. Sebaliknya, disaat yang lain Tika justru berkata kalau Dimas telah dipengaruhi oleh Monik. Monik mendengarnya dan mulai mengganggap musuh.

Peperangan antara Monik dan Tika dimulai. Monik membuat Tika dituduh merusak foto Gunawan dan Dimas dan Tika membalasnya dengan mengganti isi peralatan make up Monik juga menebarkan terror bagi Bu Ida.

Sementara, Indah sudah tahu kebusukan Herman dan Karin. Indah marah besar, namun saat Indah hendak pergi, ia hendak tertabrak mobil dan Herman menolongnya. Sementara, Andin tidak mau diajak pulang Rocki. Ia memberontak, Rocki kesal dan akhirnya pulang sendiri, dirumahnya Amel sudah menunggu.

Rocki pun kasih tahu Andin ada dirumah Bu Siska, Saiful yang ada disana mendengarnya. Karena Monik dan Bu Ida kurang berhasil menyingkirkan Tika, mereka pun mencoba membunuh Larasati dengan menggantungnya. Semua itu tidak berhasil karena Tika menolong Larasati.

Dan saat itu, Andre pun datang ke rumah Larasati. Namun Andre malah bertemu dengan Dimas dan berantem hebat. Sampai akhirnya Gunawan pulang dan dihasut Monik kalau Larasati yang menyuruh Andre datang kerumah.

Gunawan jelas marah karena dia sudah memperingatkan Larasati agar tidak berhubungan lagi dengan Andre. Namun Larasati malah menyuruhnya kesini dan berantem dengan Dimas, sampai Dimas babak belur.

Gunawan pun mencari Larasati dan dengan kalap, Gunawan menampar Larasati sampai Larasati menghantam dinding. Saat itu Gunawan malah melihat tanda lahir Larasati dilehernya. Gunawan sangat syok karena orang yang dianiayanya ternyata adalah anak yang selalua dicarinya selama ini.

SINOPSIS LARASATI EPISODE 25

Gunawan akhirnya tahu bahwa anaknya yang ia cari selama uini adalah Latrasati. Namun ia belum mau untuk memberitahukan hal itu pada Larasati. karena ia tahu Larasati masih membencinyta. Gunawan pun memberitahukan pengacaranya bahwa ia telah menemukan anak yang selama ini ia cari itu.

Sementara itu, Dimas yang masih babak belur karena dihajar Andre, hendak dirawat Monik. Namun Tika yang usil, memberitahukan Dimas bahwa Larasati pingsan. Dimas pun lenbih memilih untuk merawat Larasati dari pada pergi kerumah sakit bersama Monik. Monik pun jengkel dengan tingkah laku Tika.

sesampainya dirumah Larasati, Dimas kebingungan melihat Larasati Jatuh pingsan. Setelah ia tahu bahwa Larasati pingsan gara-gara ditampar Gunawan, Dimas pun mengancam akan membawa Larasati pergi dari rumah itu. Gunawan pun memohon pada Dimas agar tak membawa Larasati pergi dari Rumah. Bu Ida yang melihgat kejadian itu merasa heran. Ia takut jangan-jangan Gunawan telah melihat tanda lahir milik Larasati. Namun hal itu disangkal oleh Monik. Akankah Gunawan memberitahukan siapa dia yang sebenarnya pada Larasati?

SILA KLIP DI SINI UNTUK EPISODE 26 - 50

Courtesy of indosiar

0 comments:

Post a Comment

 
Top